Ads 468x60px

Minggu, 23 Juni 2013

Tepung Roti (Bread crumb) Panko

TEPUNG ROTI atau TEPUNG PANIR (BREAD CRUMB) adalah sejenis tepung yang dibuat dari roti kering yang ditumbuk halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tepung roti biasa digunakan untuk membuat kroket dan sebagainya.

TEPUNG ROTI atau TEPUNG PANIR (BREAD CRUMB) Tepung roti/panir ada beberapa jenis yang berbeda tekstur dan warnanya sehingga beda pula kegunaanya.Tepung roti banyak dijual di pasaran, tetapi membuat sendiri juga cukup mudah karena umumnya terbuat dari roti tawar yg dikeringkan.

Jenis-jenis Tepung Roti adalah sebagai berikut :

a. Tepung Roti Putih Basah Biasanya digunakan untuk campuran isian ayam atau daging gulung, mengentalkan adonan puding, cake atau saus yang bercita rasa manis.Membuatnya: cabik2 roti yang tidak dikeringkan lalu proses dengan food processor sampai halus. segera olah menjadi masakan.

b. Tepung Roti Putih Kering Biasanya digunakan untuk membalut ikan, ayam, daging atau sayuran sebelum digoreng. Membuatnya: letakkan roti tanpa kulit pada loyang datar selembar-selembar lalu jemur di bawah matahari sampai kering atau dioven dengan suhu 120° hingga kering tapi tidak kecoklatan. Lalu haluskan dengan food processor atau dengan cara dimemarkan di dalam kantung plastik. Dapat tahan 1 bulan dalam wadah kedap udara.

c. Tepung Roti Coklat Kering Biasanya untuk taburan masakan panggang seperti potato gratin atau untuk risoles dan kroket.Membuatnya: sama seperti membuat tepung roti putih kering. hanya suhunya lebih panas hingga roti berwarna kecoklatan.

d. Panko Flour atau Tepung roti Panko dengan tekstur yang lebih kasar dari tepung roti biasa, ada yang berwarna kuning keemasan, juga putih. Biasa digunakan utk makanan Jepang spt Katsu atau Tempura. Rasanya lebih garing dan renyah. Meskipun banyak digunakan dalam masakan Asia, panko telah mendapatkan popularitas dalam masakan Barat, misalnya sebagai baik topping untuk Eggplant Parmesan.

bread crumb, bread crumbs, tepung roti, tepung panir, panko, tepung panko
Primera Panko Bread Crumb

0 komentar:

Posting Komentar